Minggu, 08 Mei 2011

Hitam dan Putih

Hitam dan Putih
(Manusia dan Pandangan Hidup)


Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Karena itu dapat menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya.

Misalnya saja pandangan terhadap seni tato. Bagi orang-orang awam, tato itu selalu identik dengan hal yang berbau kriminal, premanitas, pola hidup yang tidak beraturan dan orang yang tidak bisa diatur. Tapi bagi orang yang mengerti tato atau seorang seniman, tato adalah hasil seni karya tinggi manusia yang ingin mereka abadikan ditubuh mereka, toh tidak keseluruhan dari pemakai seni tato adalah orang-orang yang memiliki reputasi jelek atau negatif. Malah kebanyakan dari mereka adalah orang yang kreatif, punya rasa kepedulian yang tinggi dan ramah. Ya memang semua itu tergantung dari individunya masing-masing juga.

Manusia pasti mempunyai pandangan hidup walau bagaimanapun bentuknya. Bagaimana kita memeperlakukan pandangan hidup itu tergantung pada orang yang bersangkutan. Ada yang memperlakukan pandangan hidup itu sebagai sarana mencapai tujuan dan ada pula yang memperlakukaan sebagai penimbul kesejahteraan, ketentraman dan sebagainya.
pandangan hidup sebagai sarana mencapai tujuan dan cita-cita dengan baik. Yaitu dengan cara:
(1) Mengenal
(2) Mengerti
(3) Menghayati
(4) Meyakini
(5) Mengabdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar