Minggu, 08 Mei 2011

Sirine, Api dan Nyawa

Sirine, Api dan Nyawa

(Manusia dan Tanggung Jawab)

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatu, sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.

Kita ambil contoh dari para petugas kita yang sangat berani dan selalu mempertaruhkan nyawa mereka setiap kali bekerja. Ya merekalah para petugas pemadam kebakaran. Setiap kali sirine atau telepon kantor mereka berbunyi, mereka harus siap dan langsung tanggap terhadap apa yang terjadi. Banyak pahit dari pada manisnya menjadi petugas pemadam kebakaran seperti mereka, tidak sedikit yang terluka bahkan tewas atas keganasan api yang harus mereka padamkan. Bahkan banyak juga jadi mereka yang mendapat caci maki dari warga yang rumahnya hangus terbakar. Itulah resiko yang harus mereka hadapi dalam pekerjaan mereka dan mereka menjalanainya sebagai sebuah tanggung jawab yang memang harus dilakukan walaupun harus mempertaruhkan nyawa mereka sendiri.

Seharusnya kita dapat mengambil contoh dari mereka yang sungguh-sungguh menjalani tanggung jawab kita miliki masing-masing baik sebagai kepala rumah tangga, guru, pelajar dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar