Minggu, 08 Mei 2011

Koin Kehidupan

Koin Kehidupan

(Manusia dan Penderitaan)

Penderitaan merupakan sebuah kejadian tidak mengenakkan yang pasti akan dialami atau pernah dialami oleh setiap individu. Setiap individu pasti memiliki level penderitaan yang berbeda-beda dan level itu juga tergantung pada setiap individu yang mengalaminya karena belum tentu juga suatu penderitaan yang dialami seseorang merupakan penderitaan juga bagi orang lain.

Tapi saya akan mengambil contoh penderitaan dari seorang pengemis tua yang memang sudah tidak mampu bekerja. Mereka adalah orang-orang yang seharusnya ditanggung oleh pemerintah biaya hidupnya. Penderitaan pengemis-pengemis tua ini seharusnya bisa diminimalisir jika saja pemerintah dan orang-orang sekitar baik tetangga maupun anaknya sendiri peduli kepada mereka. Para pengemis tua ini sangat sering kita temui di setiap persimpangan jalan, pasar, persimpangan lampu merah bahkan mereka suka terlihat juga di lingkungan pemukiman warga untuk meminta-minta. Mereka mengumpulkan koin demi koin uang 500 rupiah hanya untuk makan sehari-hari, itu pun mungkin hanya makan sekali dalam sehari bahkan bisa saja mereka tidak makan dalam sehari. Untuk beristirahat pun mereka harus melawan dinginnya udara malam karena memang mereka tidak memiliki tempat tinggal. Mereka biasa tidur di depan toko, warung bahkan di tumpukkan kardus. Ya itulah mereka para pengemis yang kehidupannya tidak menentu, banyak juga dari mereka yang memang dipaksa oleh orang-orang tertentu untuk mengemis bahkan ada beberapa yang dipaksa oleh anaknya sendiri.

Sudah sepatutnya kita mensyukuri hidup kita yang sekarang, jika dibandingkan dengan mereka, kita ini terlalu beruntung. Jika kita sudah berhasil kelak jangan lupakan dan menelantarkan orang tua kita, sebab merekalah yang sangat berjasa atas keberhasilan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar