Minggu, 08 Mei 2011

Rasa Khawatir

Rasa Khawatir

(Manusia dan Kegelisahan)

Kegelisahan adalah keadaan dimana seseorang merasa takut, khawatir atau tertekan akan sesuatu. Umumnya orang yang sedang tegang atau gelisah melakukan hal- hal yang tidak biasa dia lakukan seperti berjalan mondar-mandir, duduk termenung sambil memegang kepalanya dan berbagai hal lain yang mungkin dapat membingungkan orang yang melihatnya.

Apabila di kaji, sebab-sebab orang gelisah adalah karena mereka takut kehilangan berbagai macam haknya seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan dan lain-lain.
contohnya: Seorang maling yang baru melancarkan operasinya pada malam sebelumnya. Ketika korban yang dicuri barang-barangnya sadar bahwa rumahnya kemalingan, secara otomatis si maling yang bersangkutan akan merasa gelisah, takut dan khawatir akan dirinya jika ketahuan. Padahal belum tentu si korban akan dapat menemukan si maling tersebut atau rumah si maling dan si korban berjauhan. Contoh lainnya adalah ketika seseorang diteror oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Misalnya teror bom yang belum tentu benar kepastiannya. Pasti orang yang diteror akan merasa takut dan khawatir walaupun mungkin itu hanya sebuah teror yang dilakukan oleh orang iseng.

Dari contoh yang ada, untuk mengatasi kegelisahan ini peratama-tama harus mulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu, yaitu kita harus bersikap tenang, dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang sehingga kesulitan dapat kita atasi. Sedangkan cara yang paling ampuh untuk mengatasi kegelisahan adalah dengan berserah diri kepada Tuhan dan khusus contoh yang pertama (maling) sebaiknya jangan dilakukan jika tidak ingin merasakan kegelisahan dan beresiko tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar